Pemprov Jabar Siapkan Duit Rp 20 Miliar untuk Dana Tanggap Darurat Gempa Cianjur

Kamis, 24 November 2022 – 12:00 WIB
Pemprov Jabar Siapkan Duit Rp 20 Miliar untuk Dana Tanggap Darurat Gempa Cianjur - JPNN.com Jabar
Presiden Joko Widodo yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau lokasi bencana gempa Cianjur, Selasa (22/11). Foto: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyiapkan bantuan tidak terduga (BTT) sebesar Rp 20 miliar yang diperuntukan kebutuhan masa tanggap darurat gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dana BTT itu sudah disiapkan untuk masa tanggap darurat.

Selain dana dari provinsi, Presiden Joko Widodo juga sudah menyampaikan komitmen bantuan rehabilitasi kerusakan rumah saat mengunjungi lokasi gempa di Cianjur, Selasa (22/11).

Dalam kunjungannya, Presiden memastikan akan memberikan bantuan Rp 50 juta bagi warga yang rumahnya rusak berat, Rp 20 juta untuk kerusakan sedang, dan Rp 10 juta untuk kerusakan bangunan ringan.

"(Komitmen) bantuan ini akan terus kami sosialisasikan, untuk rehabilitasi rumah korban, dananya APBN yang berada di BNPB," katanya di Bandung, Kamis (24/11).

Pihaknya juga sudah membelanjakan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk kebutuhan logistik bagi ribuan korban yang berada di pengungsian.

Dari hasil pemantauan di lapangan, warga saat ini membutuhkan bantuan untuk kebutuhan-kebutuhan yang bersifat darurat.

"Ada yang butuh selimut, terpal, kemudian kalau makanan dapur umum. Kemudian juga makanan bayi, popok, obat-obatan karena ISPA sudah mulai meninggi statistiknya, obat sakit kepala parasetamol, kami siapkan," ujarnya.

Pemprov Jabar menyiapkan BTT sebesar Rp 20 miliar untuk masa tanggap darurat pascagempa bumi di Kabupaten Cianjur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News