Kemenkes Kirim Dokter Bedah ke Lokasi Bencana Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 – 19:15 WIB
Kemenkes Kirim Dokter Bedah ke Lokasi Bencana Gempa Cianjur - JPNN.com Jabar
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat mengunjungi korban gempa Cianjur di RSUD Sayang Cianjur, Selasa (22/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengirimkan dokter ahli bedah tulang ke lokasi bencana gempa Cianjur.

Rencananya aka nada enam dokter bedah ortopedi yang dikirim untuk menangani pasien luka-luka yang tertimbun reruntuhan bangunan.

“Khususnya untuk bedah ortopedi nanti mereka ke sini karena banyak pasien yang patah tulang,” katanya di RSUD Sayang Cianjur, Kabupaten Cianjur, Selasa  (22/11).

Dalam kunjungan ini, Muhadjir pun sempat berbincang dengan para korban yang dirawat. Mereka diberikan uang di dalam amplop kepada sejumlah korban.

Selain itu, dia menjanjikan pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk pembangunan rumah agar rumah warga bisa segera dibenahi.

Seusai Instruksi Presiden Joko Widodo, ada anggaran yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Cianjur dengan nilai Rp 5 miliar.

Kemudian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat juga menggelontorkan dana mencapai Rp 20 miliar.

Sedangkan, dari BNPB akan ada dana elastis yang digunakan untuk konsumsi Rp 500 juta, dan Rp 1,5 miliar untuk operasional tenaga di lapangan termasuk TNI dan Polri. (mcr27/jpnn)

Menko PMK Muhajdir Effendy berkoordinasi dengan Menkes untuk mengirim dokter bedah ortopedi ke lokasi bencana Cianjur.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News