Ada SMA di Bekasi Diduga Lakukan Pungli, Ridwan Kamil Meradang!

Rabu, 16 November 2022 – 15:50 WIB
Ada SMA di Bekasi Diduga Lakukan Pungli, Ridwan Kamil Meradang! - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar/Antara

jabar.jpnn.com, BEKASI - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons keras kejadian dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Bekasi.

Adapun dugaan pungli tersebut berdasarkan rekaman video yang memperlihatkan sosialisasi oleh pihak sekolah terhadap orang tua siswa.

Namun, dalam sosialisasi itu justru dibahas soal sumbangan senilai Rp 4.750.000 dan biaya SPP Rp 350.000 per siswa kelas X.

Ridwan Kamil mengatakan dengan tegas bahwa tidak boleh ada pungutan apapun di lingkungan pendidikan.

“Tidak boleh ada pungutan apapun,” katanya dalam unggahan di Instagram officialnya @ridwankamil, Rabu (16/11).

Kata pria yang karib disapa Emil, di sekolah negeri baik itu tingkat SMA/SMK/SLB yang menjadi kewenangan provinsi, semua urusan anggaran pendidikan sepenuhnya diurus oleh negara.

“Jikapun ada urgensi, itu pun harus mendapatkan izin tertulis dari gubernur,” ucapnya.

Guna mencari tahu kebenarannya, Ia mengutus Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk menelusuri adanya dugaan pungli tersebut.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta Disdik untuk segera menelusuri dugaan pungli yang terjadi di salah satu SMA di Kota Bekasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News