Pemesanan Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru Telah Dibuka, Berikut Syaratnya

Sabtu, 12 November 2022 – 16:27 WIB
Pemesanan Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru Telah Dibuka, Berikut Syaratnya - JPNN.com Jabar
Potret lokasi pemesanan tiket KAI. Foto : Source for JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Menjelang momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mulai membuka penjualan tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) secara bertahap, mulai 7 November 2022 atau H-45 keberangkatan.

Periode tersebut ditetapkan oleh KAI untuk keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Dan tiketnya sudah dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, loket box, dan seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan, jika pada momen-momen libur sebelumnya KAI menjual tiket mulai H-30 sebelum keberangkatan, namun menjelang periode libur Nataru 2022/2023 ini KAI mengubah menjadi H-45 sebelum keberangkatan.

“Ini dilakukan sebagai peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya,” ucap Eva dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (12/11).

Sampai dengan hari ini, Sabtu (12/11) tiket KA periode Nataru telah terjual sebanyak 22 ribu untuk periode keberangkatan 22 hingga 26 Desember 2022, jumlah tersebut masih dapat bertambah mengingat pemesanan tiket masih berlangsung melalui penjualan online menyesuaikan ketentuan H-45.

“Saat ini keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen rata-rata 47 perjalanan per hari, keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen 24 KA dan dari Stasiun Gambir 23 KA. Untuk jumlah perjalanan tersebut dapat berubah menyesuaikan dengan evaluasi berkala yang dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada beberapa tujuan favorit penumpang KA diantaranya kota Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Kutoarjo, Surabaya, Malang, Cirebon, Bandung, dan Tegal.

Seluruh calon penumpang juga dihimbau agar selalu memperhatikan kembaki syarat perjalanan yang berlaku. Saat ini PT KAI masih menerapkan aturan sesuai ketentuan SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dimana pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster). Sedangkan pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua.

Pemesanan tiket kereta api untuk libur natal dan tahun baru telah dibuka sejak 7 November 2022, untuk periode perjalan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News