Kota Bandung Minim Ketersediaan Hidran Kebakaran

Rabu, 09 November 2022 – 16:23 WIB
Kota Bandung Minim Ketersediaan Hidran Kebakaran - JPNN.com Jabar
Hidran kebakaran yang dipasang di Jalan Perintis Kemerdekaan (depan GIM), Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyampaikan beberapa kendala yang dialami dalam hal penanganan kebakaran. Satu di antaranya, yaitu soal ketersediaan hidran yang minim di Kota Bandung.

Sekdis Diskar PB Bandung Iwan Rusmawan mengatakan, saat ini di Bandung hanya ada empat hidran kebakaran yang tersebar di beberapa titik.

Sementara, lokasi kebakaran kadang sulit menjangkau hidran-hidran tersebut.

Menurutnya, tim pemadam sampai saat ini masih mengandalkan sumber air di sekitar lokasi kebakaran. Selain itu, mereka juga kerap mendapat bantuan dari PDAM.

“Hidran itu ada empat kami bekerja sama dengan PDAM, tetapi ada solusi. Kami gak bisa mengandalkan empat hidran itu, kami punya mobil di mana ada air sungai itu bisa diambil,” kata Iwan ditemui di Kantor Diskar PB Bandung, Jalan Sukabumi, Rabu (9/11).

Adapun empat hidran itu berlokasi di Taman Cikapayang Dago, Jalan Supratman, Pasar Kordon, dan Jalan Kiaracondong.

Iwan menjelaskan, idealnya setiap wilayah di 30 kecamatan memiliki hidran sehingga petugas pemadam bisa mengambil air di sana, apabila tidak ada sumber air seperti sungai di area kebakaran.

Namun sayangnya, jumlah hidran masih minim dan belum mampu menjangkau seluruh wilayah.

Saat ini di Kota Bandung hanya ada 4 hidran kebakaran yang dipasang di beberapa titik wilayah. Diskar PB Bandung menjelaskan begini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News