Pemkab Cirebon Siapkan 4 Rumah Sakit Rujukan Gagal Ginjal Akut

Senin, 31 Oktober 2022 – 21:15 WIB
Pemkab Cirebon Siapkan 4 Rumah Sakit Rujukan Gagal Ginjal Akut - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kasus gagal ginjal akut misterius. Foto: Antara

jabar.jpnn.com, CIREBON - Sebanyak empat rumah sakit dipersiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon untuk menangani pasien gagal ginjal akut.

Keempat rumah sakit tersebut disiapkan sebagai langkah antisipasi dari Pemkab Cirebon, jika ditemukan kasus gagal ginjal akut di wilayahnya.

"Kami sudah mengantisipasi pasien gagal ginjal akut dengan menyediakan empat rumah sakit," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Hilmy Rivai di Cirebon, Senin (31/10).

Hilmy menyebutkan, saat ini belum ditemukan kasus gagal ginjal akut di wilayahnya. Namun, Pemkab Cirebon tetap melakukan langkah-langkah antisipatif dengan menyiapkan sarana prasarana kesehatan, salah satunya kesiapan rumah sakit.

Menurutnya, keempat rumah sakit itu memiliki peralatan dan sumber daya manusia (SDM) yang cukup mumpuni dalam rangka penanganan gagal ginjal, sehingga perlu ditegaskan agar bisa mempersiapkan diri.

Rumah sakit tersebut adalah dua rumah sakit milik pemerintah daerah yaitu RSUD Arjawinangun, dan Waled. Sedangkan dua lainnya yaitu RS Mitra Plumbon, dan RS Pertama yang merupakan milik swasta.

"Kunci untuk penanganan gangguan ginjal akut ini yaitu kecepatan dalam penanganan, sehingga kami siapkan fasilitasnya," ujarnya.

Selain fasilitas kesehatan, pihaknya juga sudah membentuk tim gerak cepat di dinas kesehatan, agar ketika mendapatkan informasi terkait kasus tersebut bisa semakin mudah dalam berkoordinasi.

Pemerintah Kabupaten Cirebon menyiapkan 4 rumah sakit untuk menangani kasus gagal ginjal akut, jika ditemukan di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News