Waspada! Angka Kasus DBD di Cirebon Meninkat Tajam

Senin, 31 Oktober 2022 – 20:55 WIB
Waspada! Angka Kasus DBD di Cirebon Meninkat Tajam - JPNN.com Jabar
Angka kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Cirebon meningkat dua kali lipat dari tahun 2021. Tercatat, sebanyak 1.600 kasus sepanjang tahun ini. Foto: ilustrasi/ Antara/Kornelis Kaha

jabar.jpnn.com, CIREBON - Sebanyak 1.600 kasus demam berdarah dengue (DBD) terjadi sejak Januari hingga Oktober 2022 di wilayah Kabupaten Cirebon.

Angka tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 866 kasus sepanjang 2021.

"Untuk kasus DBD di Kabupaten Cirebon hingga bulan Oktober ada 1.600 lebih," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Sartono, Senin (31/10).

Kendati demikian, kata Sartono, angka kematian akibat DBD lebih rendah pada tahun 2022.

Secara presentase pada tahun 2021 angka kematian mencapai 0,8 persen, sedangkan di tahun ini hingga Oktober 0,6 persen.

"Jumlah kematian akibat DBD memang ada 10 orang di tahun ini atau 0,6 persen, tapi secara presentasi masih di lebih rendah bila dibandingkan tahun lalu yang mencapai 0,8 persen," ujarnya.

Sartono mengatakan, sebaran kasus DBD di Kabupaten Cirebon sudah terdeteksi di beberapa daerah, terutama yang berdekatan dengan kota, dan juga kawasan industri, seperti di Kecamatan Plumbon, Kedawung, Plered, dan lainnya.

"Sebaran kasus masih di dominasi kawasan yang berdekatan dengan kota, serta kawasan industri," tuturnya.

Angka kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Cirebon meningkat dua kali lipat dari tahun 2021. Tercatat, sebanyak 1.600 kasus sepanjang tahun ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News