Ahli Epidemiologi UI: Penanganan Gagal Ginjal Akut di Kota Depok Belum Maksimal

Kamis, 27 Oktober 2022 – 14:25 WIB
Ahli Epidemiologi UI: Penanganan Gagal Ginjal Akut di Kota Depok Belum Maksimal - JPNN.com Jabar
Potret Gedung RSUD Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono sangat menyayangkan standardisasi pelayanan kesehatan di Kota Depok yang minim dalam menangani kasus gagal ginjal akut pada anak.

Menurutnya sudah selayaknya rumah sakit pemerintah yang ada di lingkup kota harus memiliki standardisasi yang sesuai.

Karena saat ini RSUD Kota Depok belum memiliki hemodialisa atau layanan cuci darah, sehingga pasien gagal ginjal akut harus dirujuk ke rumah sakit yang lebih memadai.

“Seharusnya rumah sakit pemerintah yang ada di kota itu standardisasinya harus memadai, masa kalah sama RSUD Cibinong yang ada di Kabupaten Bogor yang sudah punya hemodialisa,” ucap Tri Yunis Miko kepada JPNN.com, Kamis (27/10).

Dengan adanya kasus gagal ginjal akut yang kini sudah ada tujuh kasus di Kota Depok, pihaknya meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengembangkan dan memperbaiki sistem rujukan.

“Jika memang standardisasi pelayanan kesehatannya masih kurang, maka harus segera mengembangkan sistem rujukan, karena harus belajar dari kasus Covid-19, dan jika memang dirujuk ke Jakarta maka harus membuat MoU,” tuturnya.

Selain itu, dia juga meminta agar pemerintah lebih aktif memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mengetahui penyebab gagal ginjal akut tersebut.

“Selain harus melengkapi fasilitas dan mengembangkan sistem rujukan, Pemkot Depok juga harus segera melakukan edukasi kepada warga untuk menjaga makanan, minumam, obat-obatan yang menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak,” pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Ahli Epidemiologi UI sangat menyayangkan fasilitas di RSUD Kota Depok yang belum memadai untuk penangan kasus gagal ginjal akut misterius pada anak.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News