Eksistensi Pengobatan Herbal Mak Erot, Tetap Dicari Ditengah Modernisasi

Minggu, 16 Oktober 2022 – 16:16 WIB
Eksistensi Pengobatan Herbal Mak Erot, Tetap Dicari Ditengah Modernisasi - JPNN.com Jabar
Muhammad Alif Abdillah, penerus pengobatan herbal Mak Erot. Foto: Sources for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Di tengah modernisasi bidang kesehatan, pengobatan tradisional masih jadi primadona bagi sebagian orang.

Salah satunya adalah pengobatan tradisional kebugaran Mak Erot yang sudah menjadi budaya di Kampung Cimaja Girang, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Sampai dengan 2022 ini, bisnis pengobatan tersebut diteruskan oleh keturunan Haji Abad, yakni Muhammad Alif Abdillah (40).

“Saya melakukan praktik ini sejak 2008. Terapi ini berfungsi untuk kebugaran pria yaitu ejakulasi dini, pembesaran alat vital, lemah syahwat, penyakit kebugaran lainnya, dan juga bisa bagi perempuan yakni untuk memperbesar payudara hingga membantu keturunan,” katanya, Minggu (16/10).

Dia menjelaskan dalam meneruskan terapi Mak Erot ternyata tidak bisa sembarang dilakukan. Ada tata cara yang harus dijalani keluarga untuk bisa meneruskan pengobatan ini.

Cucu ketiga dari Mak Erot itu mengungkapkan selama praktik pengobatan ini dibuka, pihaknya sudah menerima ribuan pasien dengan berbagai keluahan.

Pengobatan yang dilakukan ialah dengan cara menggunakan pijat simpul saraf. Di mana ilmu pengobatan itu bersumber dari leluhur, khazanah budaya lokal.

Dalam pengobatannya, Mak Erot tidak memakai bahan kimia apalagi suntikan.

Potret pengobatan herbal Mak Erot yang tetap eksis di tengah modernisasi di bidang kesehatan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News