Mengatasi Lahan Kritis, DLH Garut dan Astra Tanam 92 Ribu Pohon di Cisurupan

Jumat, 07 Oktober 2022 – 22:48 WIB
Mengatasi Lahan Kritis, DLH Garut dan Astra Tanam 92 Ribu Pohon di Cisurupan - JPNN.com Jabar
Pemerintah Kabupaten Garut berkolaborasi dengan PT Astra International Tbk dalam melakukan upaya penghijauan lahan kritis, dengan menanam 92 ribu pohon. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, GARUT - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut mencatat sedikitnya ada ratusan ribu hektare lahan hijau yang kini kondisinya kritis di wilayahnya.

Oleh karena itu, gerakan menanam pohon perlu digalakkan di wilayah Kabupaten Garut. Pasalnya, lahan kritis dapat menimbulkan dampak berkelanjutan. Salah satunya bencana banjir akibat banyaknya lahan kritis

"Lahan kehutanan, juga ada 55 ribu hektare DAS (daerah aliran sungai) yang harus dihijaukan," Kepala DLH Kabupaten Garut Jujun Juansyah, saat menghadiri penanaman 92 ribu pohon yang digagas PT Astra International Tbk di Kecamatan Cisurupan, Jumat (7/10).

Jujun menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengapresiasi atas peran serta Astra dalam upaya penghijauan lahan kritis, dengan gerakan menanam pohon.

"Ini sama dengan mengurangi beban masyarakat dan kami pemerintah daerah (Garut)," ujar Jujun.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Supriyanto menjelaskan, terdapat 81 ribu hektare kawasan hutan di Garut.

Dari jumlah tersebut, 76 ribu hektare di antaranya merupakan hutan lindung dan 5 ribu hektarenya hutan produksi terbatas. Namun, lanjut dia, hampir semuanya kini dalam kondisi kritis.

"Kebanyakannya kritis. Bukit, gunung ditanami sayur. Kemudian longsor," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Garut berkolaborasi dengan PT Astra International Tbk dalam melakukan upaya penghijauan lahan kritis, dengan menanam 92 ribu pohon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News