Nah Loh, Nadiem Makarim Angkat Suara Soal Kasus Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Jumat, 07 Oktober 2022 – 19:50 WIB
Nah Loh, Nadiem Makarim Angkat Suara Soal Kasus Diskriminasi di SMAN 2 Depok - JPNN.com Jabar
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, turut menyoroti dugaan diskriminasi di SMAN 2 Depok terhadap siswa rohani kristen (Rohkris).

Nadiem mengatakan bahwa pihaknya merasa prihatin atas diskriminasi yang dialami oleh pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

Dia menjelaskan sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional atau UU Sisdiknas, pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.

“Satuan pendidikan harus merdeka dari diskriminasi. Karena sekolah sudah seharusnya menjadi ruang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua peserta didik untuk belajar dan mengembangkan diri, terlepas dari identitas yang melekat pada dirinya,” ucap Nadiem dalam pernyataan resminya, Jumat (7/10).

Selain itu, dirinya mengatakan pemerintah daerah dengan didukung oleh pemerintah pusat wajib memastikan sekolah untuk memberikan proses pembelajaran yang tidak diskriminatif.

“Dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa,” ujarnya.

Perwujudan satuan pendidikan yang aman dan nyaman, serta merdeka dari segala bentuk diskriminasi dan kekerasan, menjadi salah satu prioritas Kemendikbudristek dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar.

Hal ini sejalan dengan amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim ikut menyoroti ihwal kasus dugaan diskriminasi yang terjadi di SMA Negeri 2 Depok terhadap siswa rohani kristen (Rohkris).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News