Tingkatkan IPM, Bupati Herman Berikan Pesan Penting untuk 77 Kepala Desa

Selasa, 04 Oktober 2022 – 17:00 WIB
Tingkatkan IPM, Bupati Herman Berikan Pesan Penting untuk 77 Kepala Desa - JPNN.com Jabar
Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman. ANTARA FOTO (Ahmad Fikri)

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur terus melakukan upaya dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Salah satunya dengan pendekatan yang dilakukan melalui para kepala desa di wilayah Cianjur.

Bupati Cianjur Herman Suherman meminta kepala desa yang baru dilantik turun langsung ke warga guna menyerap aspirasi.

Menurutnya, pendekatan melalui kepala desa dinilai sebagai salah satu langkah tepat dalam meningkatkan IPM.

"Saya minta 77 kepala desa yang menjalani pembekalan hari ini, dapat melakukan berbagai upaya dalam menghadapi krisis global yang penanganannya harus dilakukan bersama mulai dari hulu sampai ke hilir dari semua unsur di kabupaten sampai ke tingkat RT," kata Herman saat memberikan arahan kepada para kepala desa, di Cianjur, Selasa (4/10).

Herman menjelaskan, rendahnya IPM di Cianjur, mendorong pihaknya fokus menggenjot tiga capaian bidang yang masih rendah.

Di antaranya bidang kesehatan, pendidikan, dan daya beli melalui berbagai program. Mulai dari membangun infrastruktur kesehatan, pendidikan, serta sarana dan prasarana untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Selama beberapa tahun terakhir IPM Cianjur bertahan di peringkat terendah dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Meski setiap tahunnya mengalami kenaikan namun belum dapat naik kelas karena kota/kabupaten lainnya di Jabar terus berbenah sehingga IPM mereka meningkat," ujar Herman.

Oleh karena itu, kata Herman, dalam pembekalan terhadap puluhan kepala desa terpilih yang baru dilantik, pihaknya juga memberikan sejumlah materi terkait dengan peningkatan IPM dan penurunan angka stunting selain penanganan bersama krisis global yang melanda dunia, seperti pemenuhan lama sekolah, layanan kesehatan dan meningkatkan status ekonomi.

Dalam rangka meningkatkan indeks pembangunan manusia atau IPM, Bupati Cianjur Herman Suherman mengintruksikan hal penting kepada para kepala desa.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News