27 Bencana Melanda Kota Sukabumi di Sepanjang September 2022

Minggu, 02 Oktober 2022 – 15:40 WIB
27 Bencana Melanda Kota Sukabumi di Sepanjang September 2022 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi banjir. Foto: dok. JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat sepanjang September 2022 sebanyak 27 kejadian bencana melanda sejumlah daerah di wilayah Kota Sukabumi.

"Cuaca ekstrem dan tanah longsor masih mendominasi kejadian bencana di Kota Sukabumi," kata Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Akhmad Zulkarnain, Minggu (2/10).

Adapun rincian kejadian bencana sesuai hasil rekapitulasi BPBD, untuk tanah longsor 11 kejadian, cuaca ekstrem tujuh kejadian, kebakaran permukiman penduduk lima kejadian dan banjir empat kejadian.

Untuk bangunan yang terdampak, kebakaran permukiman sebanyak 23 unit, tanah longsor 17 unit, cuaca ekstrem 10 unit dan banjir empat unit atau totalnya sebanyak 54 unit yang terdiri dari rusak berat, sedang dan ringan.

Kemudian untuk warga yang terdampak, tanah longsor sebanyak 12 jiwa, kebakaran permukiman sebanyak sembilan jiwa, cuaca ekstrem tujuh jiwa dan untuk banjir tidak ada warga yang terdampak.

"Tidak ada korban jiwa, hanya dua warga mengalami luka ringan dan dua jiwa lainnya mengungsi," ujarnya.

Zulkarnain mengatakan untuk kerugian akibat bencana dari hasil rekapitulasi tim di lapangan dengan taksiran mencapai Rp1,15 miliar.

Tingginya aduan di September tidak terlepas dari cuaca buruk yakni hujan deras yang hampir setiap hari mengguyur seluruh wilayah di Kota Sukabumi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat sepanjang September 2022 sebanyak 27 kejadian bencana melanda Kota Sukabumi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News