Pemprov Jabar Siap Lanjutkan Program Puspa 2022

Rabu, 28 September 2022 – 16:35 WIB
Pemprov Jabar Siap Lanjutkan Program Puspa 2022 - JPNN.com Jabar
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan akan melanjutkan program Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA). Foto: Humas Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan akan melanjutkan program Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA).

Program tersebut merupakan salah satu inovasi layanan di bidang kesehatan, salah satunya untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat tingkat pertama.

"Jadi lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya," kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/9).

Sejak pandemi covid-19, kata Ridwan Kamil, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam pengendalian penyebaran covid-19.

"Puskesmas berperan penting dalam upaya penanggulangan Covid-19 melalui kegiatan testing, tracing dan treatment (3T) serta pelaksanaan program vaksinasi Covid-19," katanya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menuturkan, berdasarkan hasil survei Cisdi pada 647 Puskesmas menunjukkan bahwa 45% di antaranya belum mendapatkan pelatihan pencegahan dan pengendalian infeksi Covid-19.

Selain itu, lebih dari 50% Puskesmas hanya memiliki satu tenaga promosi kesehatan dan tidak terdapat tenaga epidemiolog yang merupakan tenaga penting dalam penanggulangan wabah.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan akan melanjutkan program Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News