Jabar Siaga Bencana, Ridwan Kamil Minta Warga Rajin Cek Ramalan Cuaca

Rabu, 14 September 2022 – 18:52 WIB
Jabar Siaga Bencana, Ridwan Kamil Minta Warga Rajin Cek Ramalan Cuaca - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan sebagian wilayah Jawa Barat saat ini sudah memasuki musim hujan.

Maka dari itu, Dia menyatakan Jabar kini tengah menerapkan status siaga kebencanaan.

Pasalnya, banyaknya becana alam yang disebabkan curah hujan tinggi.

“BPBD se-Jabar sedang siaga satu. Mitigasi-mitigasi juga sedang dilakukan. Semua relawa sudah siaga satu, disebut siaga enggak hanya saat kejadian ya,” kata dia di Gedung Sate, Rabu (14/9).

Menurutnya, siaga bencana yang dilakukan BPBD tidak hanya sebatas tindakan.

Tetapi juga mengecek dan menginformasikan potensi bencana melalui pesan berjaring di whatsapp.

Selain itu, Ridwan Kamil juga meminta agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pencegahan bencana. Salah satunya, rajin mengecek prakiraan cuaca.

“Kami perintahkan untuk aktif di whatsaap-whatsaap, besok hujan atau tidak. Kemudian jadi budaya mengecek cuaca sekarang harus jadi kebiasaan. Biasanya orang kita hanya menganggap kemarau dan hujan saja, kalau orang luar negeri itu tiap hari mereka cek. Nah budaya cek cuaca sekarang harus dibentuk, karena ekstremitas dari hujan ini tidak bisa diduga seperti dulu,” jelasnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan status siaga bencana di wilayahnya, mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News