Harga BBM Naik, Nilai Jual Ikan di Pasar Baltos Mahal

Senin, 12 September 2022 – 14:05 WIB
Harga BBM Naik, Nilai Jual Ikan di Pasar Baltos Mahal - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau harga daging ayam di Pasar Baltos, Kota Bandung, Senin (12/9). Foto: Diskominfo Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau ketersediaan bahan pokok di Pasar Baltos, Kota Bandung pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Dalam pantauannya, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa beberapa harga bapok di pasar tradisional masih stabil. Tidak ada kenaikan harga yang signifikan seusai pemerintah pusat menaikkan harga bahan bakar, beberapa pekan lalu.

Hanya saja ada satu bapok yang harganya naik yakni ikan. Berdasarkan pantauan, harga ikan dibanderol Rp 26.000 dari yang semula Rp 20.000 per kg.

"Yang naii pengaruh karena BBM hanya ikan. Ikan yang tadi harganya Rp 20.000 dijual Rp 26.000, pas ditanya kepada pedagang memang karena pengaruh BBM yang naik," katanya di Pasar Baltos, Bandung, Senin (12/9).

Kemudian harga bapok lain yang sempat tinggi seperti cabai itu dikarenakan suplai yang terhambat, sisanya tidak ada harga bapok lain yang meroket setelah kenaikkan BBM.

"Kalau lain-lain lebih karena suplai, bukan karena BBM ya itu cabai sudah turun Alhamdulillah, tetap belum ke harga normal ini masih hubungannya dengan kenaikan suplai atau non BBM," ujarnya.

Lalu, fenomena lain yang muncul ditengah kenaikkan harga BBM adalah menurunnya jumlah pembeli daging, baik itu sapi atau ayam.

"Menurut pedagang ayam walaupun harganya sudah normal, juga pedaging sapi harganya tidak masalah tetapi versi mereka jumlah pembeli mengalami pengurangan," jelasnya.

Imbas kenaikan harga BBM, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sampaikan beberapa fenomena yang terjadi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News