12 Rumah di Kabupaten Cianjur Di terjang Longsor

Rabu, 07 September 2022 – 20:45 WIB
12 Rumah di Kabupaten Cianjur Di terjang Longsor - JPNN.com Jabar
Warga Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat, dibantu relawan dan petugas membersihkan longsoran yang menutup pekarangan rumah warga, Rabu (7/9/2022).(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Sebanyak 12 rumah warga di Desa Cibokor, Kabupaten Cianjur diterjang tanah longsor. Akibatnya, delapan keluarga terpaksa harus mengungsi sementara

"Dari belasan rumah yang rusak itu, satu unit diantaranya rusak berat," kata Sekjen BPBD Cianjur Rudi Wibowo, Rabu (7/9).

Dia mengatakan, longsor disertai pergerakan tanah yang terjadi Selasa (6/9) dini hari.

Akibat bencana tersebut, warga yang terdiri atas 25 jiwa memilih untuk mengungsi menjelang malam guna mengantisipasi hal yang tidak dinginkan.

"Melalui pihak kecamatan sejak sore hingga malam sudah mengimbau warga untuk siaga bencana. Kami juga instruksikan relawan untuk melakukan evakuasi ketika intensitas hujan cukup deras lebih dari dua jam," katanya.

Namun, kata Rudi, warga yang rumahnya terdampak longsor dan terancam pergerakan tanah sudah kembali ke rumah masing-masing siang tadi, untuk membersihkan bagian dalam dan luar rumah yang penuh tanah dan lumpur dibantu relawan dan aparat setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun satu unit rumah tidak dapat dihuni, sedangkan 11 unit rumah lainnya rusak sedang dan 18 unit terancam.

Oleh karena itu, Rudi menuturkan, pihaknya mengimbau warga untuk siaga bencana dan segera mengungsi jika hujan kembali turun menjelang petang atau malam hari.

Belasan rumah warga di Kabupaten Cianjur diterjang longsor. Sebanyak 8 kepala keluarga terpaksa mengungsi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News