Pengamat Transportasi ITB Beberkan Sejumlah Dampak Mengerikan Imbas Kenaikan Harga BBM

Minggu, 04 September 2022 – 13:25 WIB
Pengamat Transportasi ITB Beberkan Sejumlah Dampak Mengerikan Imbas Kenaikan Harga BBM - JPNN.com Jabar
Salah seorang pengguna sepeda motor sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di salah satu SPBU di Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo resmi menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar Bersubdisi, dan Pertamax pada Sabtu (3/9) sore.

Pengamat Transportasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Sony Sulaksono menilai kenaikan harga BBM bersubsidi bisa memberikan efek domino pada banyak hal di bidang transportasi, salah satunya menurunnya jumlah pengguna angkutan umum.

Kata Sony, mayoritas masyarakat yang menggunakan transportasi umum akan memilih untuk beralih ke kendaraan pribadi khususnya untuk beraktivitas.

Hal itu karena tarif transportasi umum baik itu angkutan kota (angkot) dan ojek akan naik dengan adanya pengurangan subsidi BBM.

“Sudah jelas ini akan ada peralihan karena motor dianggap lebih murah dalam hitungan kilometer. Motor mungkin butuh Rp 20.000 untuk dua hari dipakai. Tetapi uang sebesar itu tetap saja lebih murah ketimbang pakai kendaraan umum yang habis dalam sehari,” kata Sony dihubungi, Minggu (4/9).

Kondisi ini pun bisa berdampak pada kemacetan dan kepadatan lalu lintas.

Hargga BBM yang tinggi, kemudian masyarakat yang ogah pakai kendaraan umum dan memilih untuk membeli sepeda motor, tentunya bisa membuat kemacetan semakin menjadi.

“Itu salah satu efek dominonya. Meski ukuran motor tidak besar, tetapi karena banyak dan cara menggunakannya tidak baik maka akan timbul kemacetan di jalanan,” ucapnya.

Pengamat Transportasi ITB memprediksi angkutan umum akan semakin ditinggali penggunanya pasca pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News