Silang Pendapat Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Soal Poligami

Selasa, 30 Agustus 2022 – 21:00 WIB
Silang Pendapat Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Soal Poligami - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar/Antara

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berseberangan dengan pernyataan pasangannya Uu Ruzhanul yang menyebut poligami sebagai jalan keluar dari penanggulangan penularan HIV/AIDS.

Pernyataan Uu tersebut mendapat respon keras dari sejumlah pegiat perempuan, HIV, dan MUI.

“Pendapat pribadi Pak Wagub Uu Ruzhanul Ulum terkait poligami sebagai solusi, saya pribadi tidak sependapat,” kata dia dalam pernyataannya di akun Instagram pribadi @ridwankamil, Selasa (30/8).

Ridwan Kamil menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat justru fokus pada kegiatan yang sudah dilakukan dalam penanggulangan HIV/AIDS dan IMS.

Menurutnya, beberapa upaya yang sudah dilakukan Pemprov dalam penanggulangan penularan HIV/AIDS adalah dengan melakukan skrining dini tes HIV pada populasi kunci, ibu hamil pasien TB, warga binaan pemasyarakatan (WBP) di layanan maupun secara mobile.

Kemudian, melakukan perluasan layanan konseling tes HIV, layanan perawatan dukungan dan pengobatan, lalu melakukan peningkatan kapasitas petugas puskesmas dalam pengembangan layanan test and treat.

“Melakukan evaluasi triple eliminasi dengan sasaran ibu hamil yang dites HIV, silifilis dan hepatitis untuk eliminasi pada bayi lahir dari ibu positif HIV, sifilis dan hepatitis,” tutur dia.

Pemprov Jabar juga gencar melakukan pemantauan desentralisasi obat ARV di 27 kabupaten/kota, rutin pemeriksaan viral load bagi ODHA untuk melihat evaluasi penggunaan ARV pada ODHA.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil berseberangan dengan Wagub Uu dalam pernyataan penanggulangan HIV dengan cara poligami.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News