Kabupaten Garut Siap Jadi Pusat Pembibitan Kopi Jawa Barat

Minggu, 28 Agustus 2022 – 21:05 WIB
Kabupaten Garut Siap Jadi Pusat Pembibitan Kopi Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri) dan Bupati Garut Rudy Gunawan (kedua kanan) meninjau tempat pembibitan kopi di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (28/8/2022). (ANTARA/HO-Kementan RI)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN GARUT - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan Kabupaten Garut, Jawa Barat merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar yang siap memasok 10 juta bibit kopi, untuk ditanam dan dikembangkan di daerah lain di seluruh Indonesia.

"Kami sepakat atas perintah Bapak Presiden, Garut siap untuk 10 juta bibit kopi untuk Indonesia," kata Mentan Syahrul saat meninjau tempat pembibitan kopi di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Minggu (28/8).

Dia menuturkan adanya intervensi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang sepakat bibit kopi dari Garut disebar ke seluruh daerah Indonesia itu dapat berdampak baik untuk perkembangan usaha kopi di tanah air.

Menurut dia adanya bibit kopi dari Garut, kemudian ditambah lagi dari berbagai daerah lainnya tentu akan mendorong Indonesia bisa menjadi negara produsen kopi terbesar minimal tiga besar di dunia.

"Intervensi ini akan jadi sesuatu yang baik bagi bangsa ini. 10 juta bibit itu baru dari Garut, belum dari tempat lain, ini akan menjadikan Indonesia produsen kopi minimal tiga besar dunia," katanya.

Dia menyampaikan hasil peninjauan dan penjelasan langsung dari Bupati Garut Rudy Gunawan, ternyata wilayah Garut sudah siap untuk menjadi sentra pembibitan kopi yang nantinya untuk kepentingan Indonesia.

Provinsi Jawa Barat, kata dia, merupakan wilayah penghasil benih kopi nasional dengan total target produksi mencapai 3 juta batang di 2022.

Saat ini produksi kopi terus berkembang pesat, tercatat pada Januari-Maret 2022 total penanaman mencapai 499.000 batang, pada April-Januari 2022 sebanyak 1,01 juta batang, Juli-September 300.000 batang dan Oktober-Desember mencapai 900.000 batang.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar yang siap memasok 10 juta bibit kopi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News