Gegara Cuaca Ekstrem 25 Bencana Kepung Kota Bogor

Minggu, 28 Agustus 2022 – 18:10 WIB
Gegara Cuaca Ekstrem 25 Bencana Kepung Kota Bogor - JPNN.com Jabar
BPBD Kota Bogor saat mengevakuasi pohon tumbang di salah satu ruas jalan yang ada di Kota Bogor. Foto: BPBD Kota Bogor

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Hujan deras dan angin kencang menyebabkan sejumlah bencana alam di beberapa wilayah di Kota Bogor.

Bencana alam yang terjadi pun beragam, seperti banjir, pohon tumbang hingga tanah longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan setidaknya ada 25 bencana alam yang terjadi di Kota Bogor akibat cuaca ekstrem pada Sabtu (27/8).

“Jumlah tersebut terdiri dari banjir lintasan terjadi di 11 titik, atap rumah terbang dua titik, tanah longsor tujuh titik, dan pohon tumbang lima titik,” kata Theo, Minggu (28/8).

Dirinya menjelaskan banjir terjadi di Kecamatan Bogor Utara sebanyak empat titik, Kecamatan Bogor Timur satu titik, dan Kecamatan Bogor Selatan enam titik di mana sebagian besar terjadi di Kelurahan Cipaku.

“Banjir terjadi di daerah yang memang rawan banjir yang berada di daerah sepanjang aliran Sungai Ciliwung, Cisadane, dan di aliran Kali Ciheuleut, Kecamatan Bogor Utara," ujarnya.

Pada 2023 mendatang pihaknya akan mengajukan pemasangan alat deteksi dini banjir, di wilayah-wilayah yang memang rawan banjir.

“Daerah Cimahpar arah Tanah Baru, Cibuluh, Kampung Kramat, Kampung Bebek dan daerah lain yang ada aliran sungainya. Di daerah Kampung Cincau, Kelurahan Gudang juga kemaren banjir,” jelasnya.

Akibat hujan deras dan angin kencang 25 titik bencana terjadi di Kota Bogor. Bencana itu terdiri dari banjir, pohon tumbang, longsor dan angin puting beliung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News