Sisa Setahun Masa Kerjanya, Ridwan Kamil Klaim Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

Rabu, 17 Agustus 2022 – 22:37 WIB
Sisa Setahun Masa Kerjanya, Ridwan Kamil Klaim Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai menjadi inspektur upacara perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (17/8). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Menjelang satu tahun selesai masa kepemimpinan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengeklaim di wilayahnya sudah tidak ada desa tertinggal.

Seluruh desa di Jabar sudah berkembang sebab program desa digital yang digaungkannya sejak awal menjabat di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Dulu ada 1.000-an desa tertinggal, saat saya menjabat sekarang diakhir 1 tahun lagi saya sudah nol. Jadi ada pencapaian luar biasa,” katanya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (17/8).

Adapun jumlah desa berkembang saat ini mencapai 1.671, desa maju sebanyak 2.511, dan desa mandiri meningkat signifikan menjadi 1.130, dari yang sebelumnya 586 desa.

“Desa mandirinya sekarang sudah 1.100-an. Lompatannya luar biasa, tolong diapresiasi juga desa mandirinya atau bintang lima,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan kualitas hidup masyarakat desa penting digulirkan agar tidak ada lagi dikotomi masyarakat yang tinggal di kota dan desa.

“Itu sebabnya, beragam program pembangunan, sebisanya selalu menyertakan pemberdayaan masyarakat desa. Program-program seperti desa wisata, patriot desa, hingga petani milenial, adalah upaya bersama,” tuturnya.

Menurut eks Wali Kota Bandung itu, kehadiran digital dalam pembangunan desa sangat diperlukan. Maka dari itu, berbagai program desa berbasis teknologi selalu dia gulirkan.

Ridwan Kamil klaim sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Jabar, disisa satu tahun masa kepemimpinannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News