Pemprov Jabar Dorong Masyarakat Manfaatkan Aplikasi dalam Pengelolaan Sampah

Sabtu, 13 Agustus 2022 – 17:40 WIB
Pemprov Jabar Dorong Masyarakat Manfaatkan Aplikasi dalam Pengelolaan Sampah - JPNN.com Jabar
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat memberikan pemaparan dalam Workshop Pengelolaan Sampah Melalui Teknologi yang Tepat dan Berbasis Kerja Sama, yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), di Hotel Four Points Dago, Kota Bandung, Jumat (12/8). Foto: Diskominfo Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mendorong pengelolaan sampah dengan intervensi teknologi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja menuturkan, digitalisasi Jabar berkembang pesat mengingat di wilayahnya merupakan pengguna internet tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada November 2020, pengguna internet di Jabar mencapai 35,1 juta.

Kini ada dua aplikasi kelola sampah digital yang populer, yakni Octopus dan Greeny.

Octopus sudah beroperasi di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bogor, Kota Depok, dan Kota Bekasi.

“Di wilayah Bandung (Raya) sudah ada aplikasi kelola sampah digital. Kelompok atau organisasi masyarakat yang melaksanakan itu, hanya sejauh mana efektivitasnya yang harus kami dorong bersama,” kata Setiawan dalam keterangan resminya, Sabtu (13/8).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah berkontribusi terkait pengelolaan sampah ini,” sambungnya.

Adapun aplikasi kelola sampah Octopus membantu pengelola sampah daur ulang dari sumber ke industri daur ulang.

Pemprov Jabar minta masyarakat manfaatkan aplikasi dalam pengelolaan sampah yang sudah banyak dibuat sejumlah kelompok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News