3 Spirit Rekomendasi Apeksi Untuk Pemerintah Pusat

Rabu, 10 Agustus 2022 – 22:22 WIB
3 Spirit Rekomendasi Apeksi Untuk Pemerintah Pusat - JPNN.com Jabar
Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya. Foto : Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XV di Kota Padang, Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya menyampaikan tiga spirit rekomendasi Apeksi untuk pemerintah pusat.

Pertama, perlu adanya koordinasi bersama pemerintah pusat, untuk memastikan semua langkah perubahan diakselerasikan tetap sejalan dengan roh otonomi daerah sebagai cita-cita reformasi.

Kedua, komitmen dan konsistensi pusat maupun daerah diperlukan untuk mengejar target yang ditetapkan.

Ketiga, dirinya menyampaikan ilustrasi terkait banyaknya regulasi yang tidak matching, misalnya mandatory spending bagi pemerintah daerah.

"Khusus yang terakhir, ada hal-hal yang tidak sinkron. Sebagai pembina, Pak Menteri Tito Karnavian akan mengayomi kami untuk mengkomunikasikan hal tersebut kepada seluruh menteri lain agar responsif," ucap Bima Arya.

Bima Arya mengatakan daerah merupakan bagian dari pemerintah pusat yang tidak hanya ingin menjadi instrumen sosialisasi, tetapi juga referensi ketika pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan.

Baginya, tantangan yang dihadapi para wali kota saat ini luar biasa berat, seperti pemulihan ekonomi, tsunami regulasi, dan pembangunan infrastruktur yang harus matching dengan pembangunan berkelanjutan.

Selain itu daerah didorong untuk mengejar banyak target, salah satunya adalah komponen peningkatan dalam negeri dan diatas semua ada tahapannya.

Dalam penutupan Rakernas Apeksi ke-XV di Kota Padang, Bima Arya sampaikan tiga spirit rekomendasi dar kota-kota yang ada di Indonesia untuk pemerintah pusat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News