Kabar Baik Untuk Pemdes, Anggaran Samisade Bakal Cair Pertengahan Agustus Ini

Rabu, 10 Agustus 2022 – 16:00 WIB
Kabar Baik Untuk Pemdes, Anggaran Samisade Bakal Cair Pertengahan Agustus Ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi uang rupiah. Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) segera mencairkan dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) pada Agustus ini.

"Kira-kira pertengahan Agustus kami akan cairkan dana Samisade 2022. Karena sejauh ini Kemendagri belum merespons ajuan revisi Perbup Samisade," ungkap Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah, Rabu (10/8).

Menurut dia Pemkab Bogor terpaksa tetap menggunakan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 83 Tahun 2020 sebagai landasan pencairan, karena proses revisinya hingga kini belum disetujui Kementerian Dalam Negeri RI.

"Kami masih tetap pakai Perbup untuk program Samisade 2022, dan saat ini sudah memasuki tahapan final revisi Perbupnya. Sebab banyak masukan dan ada celah yang kami sempurnakan juga, belajar dari pelaksanaan tahun pertama,” paparnya.

Renaldi menerangkan dalam perbup baru, diatur mengenai standar pekerjaan yang harus dipenuhi oleh setiap desa.

Seperti ketebalan beton dalam pembuatan jalan, hingga spesifikasi lainnya agar menjadi standar baku dalam penggunaan Samisade.

Kemudian, perbup baru juga mengatur soal penggunaan aset desa sebagai objek pembangunan. Sehingga pemerintah desa tidak bisa membangun di sembarang lahan.

"Supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari. Jadi, harus jelas alas haknya," terang Renaldi.

Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) segera mencairkan dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) pada pertengahan Agustus ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News