Pemkot Bandung Lanjutkan Vaksinasi PMK Pada Ternak

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 20:00 WIB
Pemkot Bandung Lanjutkan Vaksinasi PMK Pada Ternak - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Petugas kesehatan melakukan vaksinasi PMK. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak masih terus berlanjut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengungkapkan, pihaknya telah menyuntikan vaksin PMK dosis pertama, terhadap 200 hewan menjelang Iduladha lalu.

Sedangkan dosis kedua, juga telah diberikan terhadap 200 hewan.

"Dosis kedua itu 200 dosis pada 2 Agustus kemarin. Itu tidak utuh semuanya, karena sebagian yang vaksin awal itu terjual dan dipotong saat kurban. Ada 200 dosis (pertama) juga vaksin dan sampai hari ini baru digunakan 256 dosis. Kami manfaatkan vaksin ini," ucap Gin Gin di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (6/8).

Gin gin menyampaikan, saat ini, prioritas vaksin diberikan untuk sapi yang memiliki umur panjang, seperti indukan termasuk sapi perah.

Jika tidak digunakan bagi sapi, maka vaksin tersebut digunakan bagi kambing atau domba, yang utamanya yaitu pada masa pembibitan.

"Kalau tidak ada (untuk sapi) disarankan untuk domba atau kambing. Terutama pada pembibitan. Prinsipnya silahkan ke daerah masing-masing bahwa vaksin ini bisa dimanfaatkan," kata Gin Gin.

Dia menuturkan, vaksin pada hewan saat ini, sama halnya seperti manusia, ada pertama juga kedua, bahkan untuk manusia terdapat vaksin booster.

Pemerintah Kota Bandung lanjutkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku atau PMK pada ternak di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News