Serius Menangani Banjir, Pemkab Garut Gandeng BBWS

Rabu, 03 Agustus 2022 – 22:33 WIB
Serius Menangani Banjir, Pemkab Garut Gandeng BBWS - JPNN.com Jabar
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. (ANTARA/Feri Purnama)

jabar.jpnn.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggandeng Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk untuk mengatasi persoalan banjir di wilayahnya.

Pembahasan soal banjir dengan BBWS merupakan bentuk keseriusan dari Pemkab Garut, dalam melakukan upaya pencegahan banjir yang kerap terjadi di wilayahnya.

"Kami punya keinginan bahwa banjir diselesaikan," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Rabu (3/8).

Helmi menuturkan, sudah melakukan pertemuan dengan BBWS Cisanggarung yang berkantor di Kota Cirebon untuk membahas berbagai permasalahan bencana banjir yang disebabkan luapan sungai di wilayah Garut.

Pemkab Garut, kata Helmi, siap bersinergi dengan mendukung berbagai program pembangunan yang dilakukan BBWS dalam rangka mencegah bencana banjir akibat luapan Sungai Cimanuk.

"Mudah-mudahan hikmah banjir tahun ini adalah kami bisa menyelesaikan beberapa proyek, beberapa program yang pelaksanaannya sempat hanya sebagian," katanya.

Selain melakukan pembahasan dengan BBWS, Helmi menambahkan, pihaknya berencana mengunjungi instansi lain seperti Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Perhutani yang memiliki kewenangan dalam mengelola hutan, dan dengan pihak perkebunan.

Helmi mengungkapkan, sebagian besar wilayah Garut kewenangannya ada di sejumlah instansi lain yakni Perhutani dan BKSDA sehingga perlu menjalin sinergi untuk bersama-sama mengatasi banjir.

Pemkab Garut menggandeng BBWS dalam mengatasi permasalah banjir yang kerap melanda wilayahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News