Dalam 6 Bulan, BKSDA Jabar Selamatkan 28 Hewan Dilindungi

Rabu, 03 Agustus 2022 – 21:40 WIB
Dalam 6 Bulan, BKSDA Jabar Selamatkan 28 Hewan Dilindungi - JPNN.com Jabar
BKSDA Jabar berhasil mengevakuasi 28 hewan dilindungi dalam kurun waktu 6 bulan. Hewan jenis primata mendominasi penyelamatan yang dilakukan BKSDA. Foto: ANTARA/HO-BBKSDA Riau

jabar.jpnn.com, CIREBON - Sebanyak 28 hewan dilindungi berhasil diselamatkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat selama bulan Januari hingga Juni 2022.

"Ada 28 hewan dilindungi yang telah kami evakuasi dan diselamatkan," kata Petugas Polisi Hutan (Polhut) Resor Konservasi Wilayah XXII Cirebon BBKSDA Jabar, Ade Kurniadi Karim di Cirebon, Rabu (3/8).

Ade mengatakan, jumlah tersebut terdiri atas hewan dilindungi jenis mamalia, primata, reptil, dan avas. Semuanya merupakan hasil evakuasi, dan penyerahan secara sukarela dari masyarakat.

Dari 28 hewan dilindungi yang berhasil dievakuasi, Kata Ade, jenis primata yang paling mendominasi yaitu mencapai 16 ekor.

Sementara itu untuk hewan reptil tujuh ekor, mamalia empat ekor dan aves (jenis burung) satu ekor.

"Semua hewan dilindungi itu kemudian kami kirimkan ke balai konservasi, dan selanjutnya nanti akan dilepasliarkan kembali," ucap Ade.

Dia menambahkan, teranyar pihaknya baru saja menerima satu lutung jawa (Trachypithecus Auratus) yang berhasil dievakuasi oleh Damkar Kabupaten Cirebon, di salah satu rumah warga.

Lutung tersebut, kata Ade, diduga merupakan hewan peliharaan, karena kondisinya sangat terawat dan juga habitat asli bukan di dataran rendah.

BKSDA Jabar berhasil mengevakuasi 28 hewan dilindungi dalam kurun waktu 6 bulan. Hewan jenis primata mendominasi penyelamatan yang dilakukan BKSDA.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News