Jawa Barat Siap Menjadi Tuan Rumah Rakernas I Aslabkesda 2022

Rabu, 03 Agustus 2022 – 21:07 WIB
Jawa Barat Siap Menjadi Tuan Rumah Rakernas I Aslabkesda 2022 - JPNN.com Jabar
Kepala Labkesda Pemprov Jabar Ema Rahmati. Foto: Humas Pemprov Jabar.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Provinsi Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakenas) I Akselerasi Laboratorium Kesehatan Daerah (Aslakesda) Tahun 2022.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) Ema Rahmati mengatakan, revitalisasi laboratorium kesehatan milik pemerintah daerah menjadi sangat penting terutama di saat pandemi Covid-19.

Laboratorium kesehatan, kata Ema, sangat diperlukan untuk pengukuran, pengujian, dan penetapan bahan/sampel yang berasal dari manusia maupun nonmanusia untuk menentukan jenis penyakit maupun kondisi kesehatan lainnya.

"Keberadaan labkesda ini semakin dibutuhkan terutama di saat pandemi seperti sekarang," kata Ema dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/8).

Oleh karena itu, Ema menuturkan, pandemi Covid-19 menjadi momentum untuk dibentuknya Akselerasi Laboratorium Kesehatan Daerah (ASLABKESDA) Indonesia.

Setiap labkesda harus terkoneksi satu sama lainnya dalam penanganan Covid-19.

Saat ini, terdapat 247 labkesda milik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia.

"Pembentukan Aslabkesda ini sudah direncanakan sesaat sebelum Covid-19. Nah dengan terjadinya covid, ini menjadi momentum untuk segera dibentuk dan menyusun program kerja," kata Ema.

Revitalisasi laboratorium kesehatan milik pemerintah daerah menjadi sangat penting terutama di saat pandemi Covid-19.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News