Cegah PMK Pada Domba, Pemkab Garut Ajukan 5 Ribu Vaksin

Sabtu, 30 Juli 2022 – 18:30 WIB
Cegah PMK Pada Domba, Pemkab Garut Ajukan 5 Ribu Vaksin - JPNN.com Jabar
Peternak menunjukkan domba Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (ANTARA/Feri Purnama)

jabar.jpnn.com, GARUT - Sebanyak 5 ribu dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK), diajukan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

Usulan vaksinasi ini bertujuan untuk diberikan ke hewan yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Garut, yaitu domba.

"Kami mengeluarkan vaksin khusus domba, kami sudah mengusulkan ke provinsi sebanyak 5.000 dosis untuk sekarang tahap pertama," kata Kepala Diskanak Kabupaten Garut Sofyan Yani, dikutip Sabtu (30/7).

Sofyan menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terus mewaspadai penyebaran PMK dengan melakukan berbagai upaya pencegahan.

Di antaranya, mulai dari pencegahan sampai pengobatan untuk hewan ternak yang terjangkit PMK.

Wabah PMK, kata Sofyan, selama ini lebih banyak menyerang ternak sapi dan sudah dilakukan penanganan seperti pengobatan dan vaksinasi PMK dengan sasaran sapi perah sehat.

Sofyan menyebut, saat ini Pemkab Garut fokus melakukan vaksinasi PMK pada ternak domba.

"Selama ini hanya diberikan pada sapi dan kerbau, tapi khusus Jabar karena populasi domba cukup tinggi, berdasarkan 'zoom meeting' yang dipimpin langsung Kepala BNPB oleh Letjen Suhariyanto dimungkinkan dan direkomendasi untuk vaksin domba di Jabar," kata Sofyan.

Pemerintah Kabupaten Garut mengusulkan 5 ribu vaksin PMK untuk Domba ke Pemprov Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News