Ternyata Ini Biang Kerok Banjir di Kelurahan Mampang Depok

Senin, 25 Juli 2022 – 13:46 WIB
Ternyata Ini Biang Kerok Banjir di Kelurahan Mampang Depok - JPNN.com Jabar
Banjir di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Selain karena tumpukan sampah, banjir yang terjadi sejak kemarin sore di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, disebabkan karena drainase yang dibangun tidak berfungsi dengan baik.

Lurah Mampang Darmawansyah mengatakan, banjir ini disebabkan permasalahan klasik, yakni masih banyaknya masyarakat yag membuang sampah ke kali hingga menyebabkan saluran kali tersumbat.

“Saya yakin itu asalnya dari hulu, bukan dari warga Mampang. Setelah dicek, ditemukan batang pohon berukuran besar yang ada di kali, sehingga menghambat aliran air,” ucapnya, Senin (25/7).

Untuk mencegah banjir kembali terjadi, dirinya mengatakan akan ada sortiran sampah yang mengalir secara alami dan akan dibuat codetan.

“Ini juga ada drainase tetapi tidak berfungsi, bahkan malah dibuat codetan di depan SD Mampang 1 tetapi tidak mengalir air sama sekali. Jadi, drainase yang dikerjakan pada anggaran 2021 itu tidak berfungsi,” kata Darmawansyah.

Dia mengatakan, sudah melaporkan kejadian ini ke Dinas PUPR terkait drainase yang tidak berfungsi itu.

“Alternatif selanjutnya, kami akan meninggikan jalan raya yang ada di pinggir masjid, tetapi ini perlu ada persetujuan dari pihak-pihak terkait, karena yang di perempatan itu merupakan jalan utama, maka harus ada persetujuan PUPR Pusat,” ujarnya. (mcr19/jpnn)

Akibat drainase yang tidak berfungsi, serta banyaknya sampah yang menumpuk di aliran kali membuat Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas diterjang banjir.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News