Waspada! Sejumlah Wilayah ini Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Selasa, 19 Juli 2022 – 12:30 WIB
Waspada! Sejumlah Wilayah ini Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem bakal terjadi di beberapa wilayah di Jawa Barat dalam kurun waktu sepekan ke depan.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat Indra Gustari mengatakan cuaca ekstrem mulai terjadi pada 18 hingga 24 Juli 2022 mendatang

Hal itu terjadi karena dipengaruhi oleh aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial atau gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat dan terletak di sepanjang ekuator.

"Potensi labilitas skala lokal juga masih mendukung terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Jawa Barat," ucap Indra, Selasa (19/7).

Dia menjabarkan, dalam sepekan ke depan cuaca ekstrem akan terjadi di beberapa wilayah yang ada di Jawa Barat.

"Berdasarkan prakiraan cuaca, ada beberapa wilayah yang berpotensi terjadinya cuaca ekstrem, yakni Bogor, Depok, Bekasi, Purwakarta, Subang dan Tasikmalaya," kata Indra.

Dirinya menjelaskan, cuaca ekstrem yang akan terjadi ini seperti, hujan deras hingga hujan es disertai dengan angin kencang dan petir

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan lokal tersebut maka prospek cuaca ekstrem akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi dibeberapa wilayah di Jawa Barat.

BMKG Jabar sebut dalam sepekan ke depan diprakirakan cuaca ekstrem akan terjadi dibeberapa wilayah di Jawa Barat, termasuk wilayah Bodebek.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News