BMKG Imbau Warga Garut untuk Waspada Cuaca Ekstrem

Sabtu, 16 Juli 2022 – 20:20 WIB
BMKG Imbau Warga Garut untuk Waspada Cuaca Ekstrem - JPNN.com Jabar
Hujan deras diprediksi masih akan mengguyur wilayah Kabupaten Garut. BMKG Jabar mengimbau warga sekitar waspada bencana. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jabar.jpnn.com, GARUT - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat mengimbau kepada warga di Kabupaten Garut untuk bersiaga mengantisipasi potensi banjir akibat luapan sungai Cmanuk.

Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Indra Gustari menuturkan, kesiagaan diperlukan karena intensitas hujan yang diprediksi tinggi hingga satu pekan ke depan di daerah Garut.

“Khususnya Garut masih berpotensi terjadinya hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang pada sore hingga menjelang malam hari,” kata Inra dikonfirmasi, Sabtu (16/7).

Dia menjelaskan, sejak Jumat (15/7), enam pos BMKG di Kabupaten Garut mencatat hujan yang terjadi masuk ke dalam kategori lebat, sangat lebat, hingga ekstrem.

“Kami harapkan kewaspadaan masyarakat yang berada di daerah aliran sungai (DAS) nya di dataran lebih rendah, atau bantaran sungai di bagian tengah dan selatan Jabar,” ujarnya.

Secara umum, katanya, cuaca ekstrem itu perlu diantisipasi oleh warga Jabar. Sebab, topografi Jabar yag didominasi oleh pegunungan, masyarakat diminta waspada ketika terjadi hujan.

“Tetap waspada, khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut,” imbuhnya.

Sebelumnya, bencana banjir bandang menerjang delapan kecamatan di Kabupaten Garut. Banjir itu dikarenakan meluapnya aliran sungai Cimanuk sebab intensitas hujan yang tinggi sejak Jumat malam.

Hujan deras diprediksi masih akan mengguyur wilayah Kabupaten Garut. BMKG Jabar mengimbau warga sekitar waspada bencana.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News