Tekan Angka Stunting, Pemkab Purwakarta Gulirkan Program Orang Tua Asuh

Jumat, 15 Juli 2022 – 20:30 WIB
Tekan Angka Stunting, Pemkab Purwakarta Gulirkan Program Orang Tua Asuh - JPNN.com Jabar
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat meninjau taman baca di daerahnya. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengajak masyarakat dari berbagai kalangan untuk berperan aktif dan bergotong-royong mengentaskan angka stunting di Kabupaten Purwakarta.

"Mari kita bergotong-royong untuk berperan aktif menurunkan angka stunting, sesuai dengan target yang telah ditetapkan," kata bupati disela peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29, Jumat (15/7).

Dia menyampaikan 1.000 hari awal kehidupan merupakan usia emas manusia Indonesia.

Karena itu, berbagai pihak harus sungguh-sungguh mencegah dan mengentaskan stunting demi Indonesia jaya dan demi manusia Indonesia yang unggul di 2024.

Dikatakannya, Presiden Joko Widodo telah menargetkan angka maksimum stunting di Indonesia menurun pada 2024 sebesar 14 persen.

Menurut dia, penurunan angka stunting masih menjadi pekerjaan rumah jajaran Pemkab Purwakarta, karena itu pihaknya mengeluarkan kebijakan agar kasus tersebut menurun, salah satunya dengan menggulirkan bapak dan ibu asuh bagi anak-anak yang membutuhkan perhatian asupan gizi dalam waktu jangka panjang.

"Yang menjadi bapak dan ibu asuh itu adalah bupati, wakil bupati juga sekda, serta pejabat lainnya bagi anak-anak yang berkategori stunting di Purwakarta," kata Anne.

Dia menargetkan penurunan angka stunting difokuskan di tujuh kecamatan dan dengan laju pertumbuhan penduduk (LPP) di bawah 1 persen.

Lewat program orang tua asuh, Pemkab Purwakarta optimis mampu menekan angka stunting dari 20 persen menjadi 14 persen.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News