MenkopUKM Teten Masduki: Koperasi Harus Menjadi Pilihan Rasional Masyarakat

Selasa, 12 Juli 2022 – 17:20 WIB
MenkopUKM Teten Masduki: Koperasi Harus Menjadi Pilihan Rasional Masyarakat - JPNN.com Jabar
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (MenkopUKM) Teten Masduki menyebut, koperasi harus menjadi pilihan rasional masyarakat.

Kata Teten, ekosistem koperasi perlu dibangun dengan baik, sehingga koperasi bisa lebih kompetitif dan bersaing dengan korporasi.

"Bukan lagi seperti jaman dulu, perintahkan setiap desa punya koperasi, itu nggak akan jalan, jadi harus dengan pendekatan ekosistem," ucap Teten saat menghadiri acara peringatan Hari Koperasi Nasional 2022, Universitas Ikopin, Kabupaten Sumedang, Selasa (12/7).

Teten menuturkan, pihaknya bakal mendorong revisi Undang-undang Koperasi. Dia menilai perlu ada konsep baru tentang koperasi untuk bisa dipercayai masyarakat.

"Supaya koperasi itu terus bisa mengembangkan model bisnisnya dan akuntabilitasnya baik, tata kelolanya baik, dan isu-isu negatif tentang koperasi itu bisa kita atasi," ujarnya.

Teten pun mendorong agar Universitas Ikopin yang merupakan satu-satunya kampus berbasis koperasi untuk bisa menciptakan inkubator bisnis koperasi yang bisa menjadi tolak ukur.

"Saya kira kalau mahasiswa dimotivasi, inkubator bisnisnya dikembangkan di sini, dari awal bisa membangun menyiapkan anak-anak muda dengan konsep baru tentang koperasi ini," katanya.

Sementara itu Rektor Universitas Ikopin Dr Burhanuddin Abdullah mengatakan, perubahan Ikopin (Institut Manajemen Koperasi Indonesia) yang kini menjadi universitas diharapkan bisa menciptakan generasi muda yang lebih akrab dengan koperasi.

Ekosistem koperasi perlu dibangun dengan baik, sehingga koperasi bisa lebih kompetitif dan bersaing dengan korporasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News