Kabar Gembira, 850 Ekor Sapi Terjangkit PMK di Kuningan Sembuh

Kamis, 30 Juni 2022 – 20:45 WIB
Kabar Gembira, 850 Ekor Sapi Terjangkit PMK di Kuningan Sembuh - JPNN.com Jabar
Ratusan ekor ternak di Kabupaten Kuningan dinyatakan sembuh dari penyakit mulut dan kuku atau PMK. Pemkab Kuningan geber vaksinasi PMK. Foto: Diskominfo Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ratusan ekor sapi dinyatakan sembuh dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Kuningan.

Hewan Medik Veteriner Dinas Perikanan dan Peternak Kabupaten Kuningan Rofiq mengatakan, dari 3.000 ekor yang terinfeksi PMK 100 hewan ternak mati, 850 sembuh, dan 200 dipaksa dipotong karena sudah parah, sedangkan sisanya masih diobati.

"Yang sudah sembuh dari PMK ada 850 ekor sapi," kata Rofiq di Kuningan, Kamis (30/6).

Rofiq menyebutkan, mayoritas ternak yang terjangkit PMK ialah sapi jenis perah.

Pasalnya, kata Rofiq, jenis kandang sapi perah yang berdekatan menjadi salah satu penyebab wabah PMK cepat meluas di wilayah Kabupaten Kuningan.

"Memang yang menjadi hewan rentan terjangkit PMK, apalagi sapi perah, karena kandangnya menjadi sangat berdekatan," ujar Rofiq.

Rofiq menambahkan, untuk mencegah penyebaran PMK semakin meluas pihaknya terus melakukan upaya percepatan vaksinasi.

Total, saat ini Pemkab Kuningan telah menerima 7.200 dosis vaksin PMK dan telah disuntikkan kepada 2.400 ekor sapi.

Ratusan ekor ternak di Kabupaten Kuningan dinyatakan sembuh dari penyakit mulut dan kuku atau PMK. Pemkab Kuningan geber vaksinasi PMK.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News