Menjelang Hari Raya Kurban Pemkot Tasikmalaya Terjunkan Tim Pemeriksa Kesehatan Ternak

Kamis, 23 Juni 2022 – 22:50 WIB
Menjelang Hari Raya Kurban Pemkot Tasikmalaya Terjunkan Tim Pemeriksa Kesehatan Ternak - JPNN.com Jabar
Sejumlah hewan kurban sapi siap dijual di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Pokja Pemkot Tasikmalaya)

jabar.jpnn.com, TASIKMALAYA - Dalam rangka memastikan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya IdulAdha, Pemerintah Kota Tasikmalaya menerjukan tim pemeriksa kesehatan.

Tim ini akan melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan pada lokasi penjualan ternak kurban di Kota Tasikmalaya.

"Kami mengecek kesiapan hewan kurban yang ada di lapak di Kota Tasikmalaya, dari sejumlah tempat yang dicek, semua sapi dalam keadaan sehat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya Adang Mulyana di Tasikmalaya, Kamis (23/6).

Adang menuturkan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban sangatlah diperlukan saat ini. Terlebih sejak mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Sejumlah pedagang yang kami datangi juga telah mengantisipasi agar sapi tetap sehat, di sini sapi-sapi diberikan nutrisi tambahan, seperti telur dan madu," katanya.

Dia menyampaikan, pedagang hewan kurban sudah melakukan berbagai cara untuk tetap menjaga ternaknya tetap sehat, salah satunya dengan memberikan asupan makanan bergizi.

"Karena kalau sapi ini sakit, yang rugi adalah para pedagang sendiri," katanya.

Selain upaya pedagang, kata Adang, pihaknya juga memberikan kalung tanda sehat untuk hewan kurban yang sudah diperiksa dan dalam kondisi sehat.

Pemerintah Kota Tasikmalaya menerjunkan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban di lapak pedangang ternak menjelang Hari Raya IdulAdha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News