Targetkan Zero Stunting di 2023, Pemkab Bogor Fokus Perbaiki Masalah Gizi Anak

Selasa, 21 Juni 2022 – 23:10 WIB
Targetkan Zero Stunting di 2023, Pemkab Bogor Fokus Perbaiki Masalah Gizi Anak - JPNN.com Jabar
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menghadiri rapat kerja rembuk stunting Kabupaten Bogor. Foto: Dok. Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menekankan komitmen pada perbaikan masalah gizi anak untuk penanganan balita berstatus kurus.

"Gizi merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Pemkab Bogor berkomitmen memperbaiki permasalahan gizi bagi anak," ungkap Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Selasa (21/6).

Dari total 354.759 balita yang sudah ditimbang, balita berstatus sangat kurus tercatat 3.391 orang, balita kurus 16.018 orang, balita normal 315.253 orang dan balita gemuk 20.097 orang.

Dia menyebutkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bogor, telah menetapkan target zero stunting pada 2023 mendatang.

"Berdasarkan hasil pemantauan status gizi balita melalui Bulan Penimbangan Balita (BPB) 2022, prevalensi stunting di Kabupaten Bogor itu 9,89 persen, lebih rendah 2,8 persen dibanding 2021 sebesar 12,96 persen," ujarnya.

Pasalnya, gizi buruk dapat menimbulkan masalah stunting kronis sejak bayi dalam masa kandungan, hingga berdampak pada gagal tumbuh dan perkembangan bayi, terutama dalam tingkat kecerdasan.

Iwan mengatakan bahwa Pemkab Bogor berkomitmen melakukan percepatan perbaikan gizi sesuai yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 tahun 2013.

"Perpres itu mengenai terintegrasinya pelayanan kesehatan, terutama kesehatan ibu, anak dan pengendalian penyakit dengan pendekatan berbagai program dan kegiatan di lintas sektor," jelas Iwan.

Fokus perbaiki masalah gizi anak sedari sekarang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor targetkan zero stunting di 2023 mendatang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News