Tekan Angka Kecelakaan, PT KAI Daop 1 Jakarta Tutup 6 Pelintasan Liar

Minggu, 19 Juni 2022 – 19:40 WIB
Tekan Angka Kecelakaan, PT KAI Daop 1 Jakarta Tutup 6 Pelintasan Liar - JPNN.com Jabar
Proses penutupan perlintasan sebidang. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - PT KAI menutup perlintasan sebidang kereta api (KA) di wilayah Daop 1 Jakarta. Hal itu dilakukan mengingat tingginya angka kecelakaan di kawasan perlintasan kereta.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, sejak Januari 2022 terdapat 17 perlintasan di wilayah Daop 1 Jakarta telah ditutup dengan bekerjasama para pihak terkait, seperti Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Pemda, Dishub dan pemerintah wilayah setempat.

“Dari 17 perlintasan yang ditutup 13 di antaranya merupakan perlintasan liar dan empat titik merupakan perlintasan resmi,” ucapnya.

Dia mengatakan penutupan perlintasan liar merupakan bagian dari dukungan KAI, untuk mewujudkan keselamatan dan keamanan perjalanan KA serta masyarakat.

“Sepanjang Januari hingga Juni 2022, tercatat telah terjadi sebanyak 95 kecelakaan di perlintasan KA. Untuk itu, melalui kolaborasi bersama penutupan perlintasan liar ini diharapkan dapat mengurangi resiko angka kecelakaan,” jelasnya.

Sebelum melakukan penutupan PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan sosialisasi dengan mendatangi unsur kewilayahan dan warga disekitar lokasi serta pemasangan spanduk pemberitahuan.

Tak hanya itu, penutupan tersebut dilakukan sesuai dengan Pasal 94, Undang Undang Nomor 23 Tahun 2007, tentang Perkeretaapian.

Dengan demikian, PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar jalur KA agar tidak membuat perlintasan secara ilegal yang dapat membahayakan keselamatan perjalanan KA dan masyarakat yang melintas.

PT KAI Daop 1 Jakarta menutup enam perlintasan liar akibat tingginya angka kecelakaan di perlintasan sebidang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News