Dituding Eksploitasi Primata di Mal Pesona Square Depok, Begini Penjelasan Penyelenggara

Rabu, 15 Juni 2022 – 20:10 WIB
Dituding Eksploitasi Primata di Mal Pesona Square Depok, Begini Penjelasan Penyelenggara - JPNN.com Jabar
Panitia penyelenggara acara Summer in Jungle Haikal, saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto: Lutviatul Fauziah

jabar.jpnn.com, DEPOK - Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Depok dituding melakukan eksploitasi terhadap primata dalam gelaran "Summer in Jungle,” yang dilaksanakan pada 6 hingga 19 Juni 2022.

Penyelenggara acara Summer in Jungle Haikal menuturkan, kegiatan seperti ini sudah dilakukan pihaknya di sejumlah mal, sebelum akhirnya dia menyelenggarakan di Mal Pesona Square Depok.

“Sebetulnya ini exhibition biasa, tetapi mungkin ada sedikit sensitifitas dari komunitas primata yang juga hadir pada kegiatan ini, makanya jadi ramai seperti ini,” ucapnya saat ditemui di Mal Pesona Square, Rabu (15/6).

Dirinya menampik jika dalam kegiatan itu ada eksploitasi seperti yang ramai diperbincangkan di media sosial.

“Tidak eksploitasi dalam event ini, bisa ditanyakan langsung ke pengunjung atau pihak mal,” tuturnya.

Selain itu, Haikal menjelaskan bahwa primata yang ditampilkan tersebut merupakan hasil rescue dari oknum topeng monyet yang banyak beredar.

“Jenis beruk dan monyet ekor panjang ini rata-rata kami dapatkan dari hasil rescue dari oknum topeng monyet,” terangnya.

Dia mengatakan rantai yang digunakan pada primata tersebut dipakai demi keamanan dan dipastikan bukan untuk pertunjukan layaknya topeng monyet.

Begini penjelasan pihak penyelenggara "Summer in Jungle," soal tudingan eksploitasi terhadap primata di Mal Pesona Square Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News