Meninjau Banjir di Ciwidey, Ridwan Kamil Imbau Bangunan di Bantaran Sungai Digeser

Rabu, 08 Juni 2022 – 17:10 WIB
Meninjau Banjir di Ciwidey, Ridwan Kamil Imbau Bangunan di Bantaran Sungai Digeser - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau lokasi bencana banjir bandang di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Rabu (8/6). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau lokasi bencana banjir bandang di Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Didampingi Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan, orang nomor satu di Jabar itu meninjau sejumlah infrastuktur dan rumah yang rusak akibat diterjang banjir.

“Hari ini saya didampingi Pak Wabup, hadir di Ciwidey di Desa Tenjolaya ini. Tentu kami ucapkan keprihatinan atas kebencanaan, dan kedua kami memantau langsung, karena ada satu infrastuktur yang menjadi kebutuhan warga yang runtuh yaitu jembatan. Nanti Insya Allah kami bangun lagi,” katanya di lokasi, Rabu (8/6).

Dia menjelaskan, rencana jangka pendeknya Pemprov Jabar akan berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) serta perangkat daerah setempat untuk lebih dulu memperbaiki tebing yang rusak.

Sebab, tebing itu berpotensi membahayakan warga di sekitar Desa Tenjolaya, Ciwidey.

“Tebing yang rusak itu akan kami tutup sementara oleh bronjong, nanti kami permanenkan. Baru tahap ketiganya itu jembatan diperbaiki lagi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil meminta masyarakat di sekitar wilayah rawan bencana untuk tetap waspada atas segala kemungkinan yang terjadi.

Salah satunya adalah dengan menggeser posisi bangunan yang selama ini menempel dengan bantaran sungai. Pasalnya, secara umum bencana yang terjadi di Jabar mayoritas berhubungan dengan air.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau lokasi bencana banjir bandang di Ciwidey, Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News