Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Jabar Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik

Minggu, 05 Juni 2022 – 21:30 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Jabar Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik - JPNN.com Jabar
Sampah plastik bertumpuk. Foto : Natalia Laurens/JPNN

jabar.jpnn.com, GARUT - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengampanyekan kepada masyarakat untuk mengurangi sampah plastik, sebagai langkah menyelamatkan lingkungan saat acara peringatan Hari Lingkungan Hidup di Alun-alun Kabupaten Garut, Minggu (5/6).

Salah satu yang ditekankan dalam peringatan tersebut, adalah mengurangi sampah plastik dengan kembali kepada kearifan lokal menggunakan kantong atau alat yang bisa digunakan berkali-kali.

"Ini salah satu yang harus kita gerakkan kembali. Jadi, hari ini harapannya masyarakat Garut bisa mulai mengurangi jumlah sampah di rumahnya, yaitu dengan tidak lagi menggunakan plastik," kata Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Madya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat, Nita Nilawati Walla.

Dia berharap melalui kegiatan tersebut masyarakat dapat teredukasi, sehingga masyarakat sadar bahwa lingkungan adalah milik bersama sehingga harus senantiasa dijaga.

"Kalau dari level masyarakat mulai dari rumah tangga sudah bisa memilah sampah, InsyaAllah permasalahan sampah ini bisa selesai," ujarnya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengapresiasi penyelenggaraan peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Garut yang digelar bersama dengan DLH Provinsi Jabar untuk saling mengingatkan tentang menjaga lingkungan.

Menurut Bupati masalah lingkungan sudah menjadi persoalan yang harus diperhatikan oleh semua orang, khususnya masalah sampah yang diproduksi setiap hari.

"Sampah menjadi persoalan pelik, karena sampah dihasilkan setiap hari dan masyarakat belum memberikan 'aware' perhatian yang luar biasa terhadap pengelolaan sampah," jelas Bupati.

Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Jawa Barat bersama Pemkab Garut berikan edukasi kepada masyarakat soal penanganan sampah rumah tangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News