Pemkab Cianjur Siap Menyulap Kampung Adat Miduana Menjadi Wisata Unggulan

Minggu, 05 Juni 2022 – 19:20 WIB
Pemkab Cianjur Siap Menyulap Kampung Adat Miduana Menjadi Wisata Unggulan - JPNN.com Jabar
Masyarakat kampung Adat Miduana di Kecamatan Naringgul, Cianjur, Jawa Barat, masih memegang teguh tradisi leluhur.(ANTARA POTO/ Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur berencana mengembangkan Kampung Adat Miduana di Kecamatan Naringgul, sebagai destinasi wisata unggulan di wilayah bagian selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur Pratama Nugraha mengatakan, pihaknya akan
melakukan pengembangan di bagian luar perkampungan.

Menurut dia berbagai program untuk menjadikan obyek wisata sebagai penghasil PAD terbesar di Cianjur, dengan membangun sarana prasarana penunjang termasuk infrastruktur.

"Pemkab Cianjur sudah menyiapkan anggaran untuk pengembangan zona luar kampung Adat, karena di zona inti akan dibantu berbagai sumber termasuk pusat. Untuk zona inti perkampungan akan dilakukan penataan termasuk membangun rumah adat seperti semula," katanya, Minggu (5/6).

Dia menjelaskan setelah dilakukan penataan dan pembangunan, selanjutnya pengelolaan akan diserahkan ke masyarakat kampung adat yang sudah mendapat pelatihan, pembinaan dari berbagai dinas, sehingga tata kelola kampung adat akan menjadi lebih baik guna meningkatkan perekonomian warga.

Pembangunan sarana penunjang seperti infrastruktur tutur dia, dalam tahun ini segera dilakukan sehingga jalan menuju kampung adat dapat dilalui dengan aman dan nyaman.

Namun, kendaraan tidak akan sampai ke dalam perkampungan karena berbagai pertimbangan dalam menjaga cagar alam dan budaya yang ada.

"Kami akan membantu sekuat tenaga agar semua zona mendapat pembangunan, termasuk bagian dalam perkampungan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait," katanya.

Pemerintah Kabupaten Cianjur segera mengembangkan Kampung Adat Miduana di Kecamatan Naringgul, sebagai destinasi wisata unggulan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News