Anton Charliyan Ingatkan Ada Kelompok yang Ingin Ubah Ideologi Pancasila

Jumat, 03 Juni 2022 – 06:26 WIB
Anton Charliyan Ingatkan Ada Kelompok yang Ingin Ubah Ideologi Pancasila - JPNN.com Jabar
Eks Kapolda Jabar Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan dalam kegiatan Seminar Kebangsaan dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila di Rumah Perjuangan PP Jabar, Jalan BKR, Kota Bandung, Rabu (1/6). (Foto: Dokumentasi Panitia)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Mantan Kapolda Jabar Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan menyampaikan, Pancasila tidak hanya sekedar filosofi atau dasar negara saja.

Lebih dari itu, Pancasila sehaarusnya menjadi norma dan etika yang dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Pernyataan itu disampaikan Anton dalam Seminar Kebangsaan memperingati Hari Lahir Pancasila pada Rabu (1/6) di Rumah Perjuangan PP Jabar, Jalan BKR, Kota Bandung.

“Pancasila harus menjadi norma dan etika yang bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” kata pria yang karib disapa Abah Anton itu melalui keterangan resminya, Kamis (2/6).

Lebih lanjut, Anton juga mengingatkan adanya kelompok tertentu yang ingin mengubah ideologi Pancasila.

Hal itu menurutnya tidak bisa dinaifkan dan harus diwaspadai karena sudah banyak contoh di negara lain dan akhirnya rakyatlah yang sengsara.

“Sebuah negara yang berubah karena diiming-imingi oleh dogma-dogma agama, sehingga negara itu tidak menjadi tenteram tetapi menjadi tidak aman dan miskin,” ujarnya.

Anton menambahkan, kejadian tersebut merupakan sebuah sejarah yang sudah terjadi dan harus bangsa Indonesia waspadai.

Mantan Kapolda Jabar Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan sampaikan pesan penting soal Pancasila.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News