Bersama Bawaslu Jabar, Pemilu Watch Indonesia Bahas Strategi Pengawasan Pesta Politik 2024

Rabu, 01 Juni 2022 – 11:40 WIB
Bersama Bawaslu Jabar, Pemilu Watch Indonesia Bahas Strategi Pengawasan Pesta Politik 2024 - JPNN.com Jabar
Pemilu Watch Indonesia menggelar diskusi tentang strategi dan efektivitas pengawasan penyelengaraan Pemilu 2024, di kafe Madtari bilangan Ranggagading, Taman Sari. Foto : Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemilu Watch Indonesia menggelar diskusi sesi 2 dengan tema “Strategi dan Efektivitas Pengawasan Penyelengaraan Pemilu 2024,” di kafe Madtari, bilangan Ranggagading, Taman Sari.

Dalam diskusi itu juga turut hadir, Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah Dahlan, Dosen dan Praktisi Hukum dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi, serta Direktur Eksekutif Pemilu Watch Indonesia Muhamad Rai Satria sebagai narasumber pada diskusi tersebut.

Pembahasan yang dilakukan, yakni tentang kerangka hukum pemilu, yang dilandasi undang-undang dan aturan hukum yang memiliki keterkaitan dengan kepemiluan.

Kerangka hukum pemilu ini juga dibarengi dengan prinsip yang tidak bermakna ganda dan jelas (clear), memudahkan (straightforward), mudah dipahami (inteligible), dan melingkupi seluruh unsur sistem pemilu yang demokratis.

Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan, menitik beratkan pada pelaksanaan pengawasan secara professional, lantaran proses pengawasan tersebut adalah indikasi dari kasus yang akan ditangani oleh pengawas pemilu.

Menurutnya, dalam pengawasan pemilu tersebut setidaknya mencakup empat aspek penting.

“Pertama mengamati rancangan dan kegiatan penyelenggaraan pemilu, peserta pemilu, maupun pihak lain seperti pemerintah, dan media massa,” ucapnya.

Selanjutnya, menganalisa kejadian-kejadian dalam proses penyelenggaraan pemilu yang patut diduga sebagai bentuk potensi atau pelanggaran pemilu.

Pemilu Watch Indonesia menggelar diskusi tentang strategi dan efektivitas pengawasan penyelengaraan Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News