Sejumlah Nama Beken Menghiasi Bursa Capres Partai NasDem, Siapa Saja Mereka? Ini Daftarnya

Selasa, 31 Mei 2022 – 22:15 WIB
Sejumlah Nama Beken Menghiasi Bursa Capres Partai NasDem, Siapa Saja Mereka? Ini Daftarnya - JPNN.com Jabar
Partai NasDem akan menyelenggarakan Rakernas pada 15-17 Juni 2022. Satu di antara pembahasan Rakernas NasDem mendatang ialah mencari sosok yang akan diusung sebagai Capres 2024. Ilustrasi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pakar Politik Universitas Padjajaran (Unpad) Firman Manan menilai, Partai Nasional Demokrat (NasDem) akan menentukan sejumlah nama yang akan diusunya dalam waktu dekat ini.

Mengingat pada Juni 2022 nanti, Partai NasDem akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Dalam agenda itu, NasDem bakal mengusung Calon Presiden (Capres) untuk Pilpres 2024.

Ada beberapa nama yang diamati dalam Rakernas itu, di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kader NasDem Rachmat Gobel, dan Panglima TNI Jendral Andika Perkasa.

“Karakter NasDem memang seperti itu, memunculkan nama-nama sejak awal. Namun, terkait beberapa nama yang sudah terdengar, seperti Ganjar dan Anies memang sudah masuk radar survey sejak lama,” ucapnya, Selasa (31/5).

Dirinya melihat NasDem memiliki kedekatan dengan beberapa figur, di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Meskipun bukan kader, dia menilai hubungan Anies dengan NasDem memiliki latar belakang yang kuat terutama dengan Ketua NasDem Surya Paloh.

“NasDem kelihatannya memang memiliki kedekatan yang spesial dengan Pak Anies. Jadi, saya pikir kalau nama Anies dan Ganjar tidak aneh karena secara elektabilitas juga sudah top three," ujarnya.

Tetapi baginya ini akan menjadi hal yang rumit jika NasDem ancang-ancang ingin mengusung Ganjar yang merupakan kader PDIP.

Partai NasDem akan menggelar Rakernas pada Juni 2022. Dalam agenda itu, NasDem bakal mengusung Capres 2024, dan sudah ada beberapa nama yang mencuat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News