Beragam Tradisi dan Kegiatan Menarik Siap Mewarnai Lebaran Depok

Minggu, 22 Mei 2022 – 20:15 WIB
Beragam Tradisi dan Kegiatan Menarik Siap Mewarnai Lebaran Depok - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kesenian betawi. Foto: DPP PDIP.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Kelompok pelestari budaya yang tergabung dalam Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) akan menggelar Lebaran Depok pada 3 Juni hingga 5 Juni 2022 mendatang.

Ketua KOOD Ahmad Dahlan mengungkapkan, kegiatan Lebaran Depok ini sudah kali ketiga dilakukan pihaknya sebagai wujud melestarikan budaya Depok saat Lebaran.

“Karena zaman dahulu, tradisi saat lebaran di Depok itu ada potong kebo andil, bawa rantangan ke keluarga yang lebih tua, hingga pasar penghabisan. Karena saat ini sudah jarang, sehingga kami dari KOOD melakukan ini untuk melestarikan budaya yang sudah mulai hilang,” ucapnya kepada JPNN.com, Minggu (22/5).

Tak hanya itu, kegiatan yang akan dilakukan selama tiga hari ini juga bakal menampilkan berbagai kesenian Betawi, seperti Gambang Kromong, Topeng, dan Silat.

“Selain menampilkan berbagai kesenian, kami juga mengadakan lomba menganyam ketupat, membuat uli, dan ada lomba-lomba lainnya,” tuturnya.

Tidak hanya itu, nantinya juga akan ada pameran UMKM, baik makanan trandisional ataupun makanan kekinian.

“Kami menyedikan 150 stan untuk UMKM Kota Depok,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa mengingat, melihat, dan melestarikan kebudayaan orang Depok saat lebaran.

Demi melestarikan budaya dan tradisi yang kini sudah mulai terhapus, Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) akan melaksanakan tradisi Lebaran Depok selama tiga hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News