Libur Waisak: Jalur Puncak Macet Hingga 15 Kilometer

Minggu, 15 Mei 2022 – 19:35 WIB
Libur Waisak: Jalur Puncak Macet Hingga 15 Kilometer - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kemacetan di Jalur Puncak Bogor-Cianjur. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Jalur Puncak di kawasan Cianjur menuju Bogor, macet dengan antrean kendaraan sepanjang sekitar 15 kilometer hingga di depan Istana Kepresidenan Cipanas.

Rekayasa lalu lintas pun dilakukan untuk mengurai antrean. Berdasar pantauan di Cianjur hingga Minggu petang, antrean kendaraan mengular hingga Jalan Raya Cugenang Cianjur.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas berupa penyekatan di sejumlah titik, seperti pertigaan Pacet hingga Pasekon, Jalan Raya Cipanas hingga pertigaan Hanjawar.

Petugas juga mengarahkan pengendara dengan tujuan Bogor untuk mengambil jalur alternatif agar tidak terjadi macet total di jalur Puncak, seiring tingginya volume kendaraan yang melintas di dominasi tujuan tempat wisata, hotel dan rumah makan.

Sistem satu arah belum dapat dilakukan pada siang hari karena volume kendaraan dari kedua arah sama-sama tinggi, sehingga Polres Cianjur berupaya melakukan rekayasa untuk mencairkan antrean yang semakin memanjang pada Minggu petang.

KBO Lalu Lintas Polres Cianjur, Iptu Yudistira  mengatakan rekayasa lalu lintas termasuk penyekatan dilakukan untuk memutus rantai antrean yang terus memanjang sejak siang hingga petang, sambil menunggu sistem satu arah diberlakukan.

"Sifatnya situasional, ketika pendorong dari Polres Bogor sudah dapat dilakukan, sistem satu arah akan diterapkan sebagai solusi terakhir macet di jalur Puncak. Namun, sejak pagi hingga petang, arus kendaraan dari kedua arah cukup tinggi, sehingga kami masih menunggu koordinasi," katanya, Minggu (15/5).

Selama libur panjang Waisak yang jatuh pada akhir pekan ini, tutur dia, sistem ganjil genap masih berlaku di jalur Puncak, sebagai upaya menekan tingginya volume kendaraan yang dapat menyebabkan macet total terutama ketika tempat wisata mulai tutup pada petang hari.

Kemacetan panjang terjadi di Jalur Puncak Cianjur menuju Kabupaten Bogor, dengan panjang antrean kendaraan mencapai sekitar 15 kilometer.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News