Cegah Penyebaran PMK, Pemkab Karawang Memperketat Pengawasan dan Kesehatan Ternak

Jumat, 13 Mei 2022 – 16:00 WIB
Cegah Penyebaran PMK, Pemkab Karawang Memperketat Pengawasan dan Kesehatan Ternak - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Hewan ternak sapi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang, meningkatkan pengawasan kesehatan ternak, utamanya ternak yang masuk ke Karawang demi mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Untuk sementara ini belum ada laporan terkait adanya hewan ternak yang terjangkit PMK. Tetapi kami akan meningkatkan pengawasan hewan ternak yang masuk," kata Kepala Dinas Pertanian Karawang, Hanafi, Jumat (13/5).

Pihaknya hingga kini belum sampai melakukan pelarangan hewan ternak dari luar yang masuk ke Karawang terkait maraknya penyakit mulut dan kuku tersebut.

Kendati demikian, petugas di lapangan akan terus meningkatkan pengawasan sehingga dipastikan ternak yang masuk ke Karawang bebas dari PMK.

"Kami belum melarang, hanya saja kami akan mengoptimalkan pengawasan. Jadi, penyuluh di setiap kecamatan agar segera mengecek setiap hewan ternak dari luar daerah yang masuk ke Karawang," jelasnya.

Setiap hewan ternak dari luar daerah yang masuk ke Karawang, harus disertai dengan surat kesehatan hewan dari daerah asal.

Hewan ternak yang masuk ke Karawang berasal dari berbagai daerah, di antaranya dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan NTB.

"Kalau kiriman hewan ternak dari wilayah Sumatera itu sangat jarang," ujarnya.

Cegah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Pemkab Karawang tingkatkan pengawasan dan pemahaman kepada para peternak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News