Cegah Penularan Covid-19 Pascalebaran, Ini Pesan Pakar Epidemiologi Untuk Pemerintah Daerah

Kamis, 05 Mei 2022 – 12:15 WIB
Cegah Penularan Covid-19 Pascalebaran, Ini Pesan Pakar Epidemiologi Untuk Pemerintah Daerah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Untuk mencegah potensi penyebaran kasus Covid-19 pascalebaran, Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono sebut pemerintah daerah harus melakukan berbagai langkah antisipasi.

Pemerintah daerah khususnya Kota Depok bisa melakukan deteksi dini melalui surveilans, baik secara aktif maupun pasif.

“Surveilans aktif dan surveilans pasif ini perlu diaktfkan kembali seperti dahulu sebagai langkah antisipasi dini,” tuturnya dikutip, Kamis (5/5).

Dengan meningkatkan dan mengaktifkan kembali surveilans, penambahan dan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Depok akan terdeteksi dan dapat langsung ditangani.

Selain itu, Tri Yunis Miko juga mewanti-wanti pemerintah daerah untuk melakukan proteksi bagi masyarakat.

“Pemerintah harus menerapkan kebijakan, bagi semua yang datang ke Kota Depok pascalebaran wajib melakukan PCR ataupun antigen, demi menyelamatkan dan memproteksi warganya dengan baik,” tuturnya.

Baginya, jika pemerintah daerah tak melakukan hal tersebut, tentunya ini merupakan bentuk ketidak pedulian pemerintah terhadap warganya, sebab potensi penyebaran Covid-19 bisa saja terjadi pascalebaran ini.

“Semua daerah harus melakukan itu, bukan hanya Depok saja, agar semua warganya selamat dan penyebaran kasus bisa ditangani dengan baik,” tandasnya. (mcr19/jpnn)

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia sebut pemerintah daerah harus melakukan berbagai langkah antisipasi demi mencegah lonjakan kasus tak kembali terjadi.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News